Layanan Terbaik dan Terlengkap untuk Kebutuhan Pendirian PT dan CV Anda. 💯

4-7 hari proses pengerjaan, dimulai dari proses pengumpulan data legal (KTP dan NPWP), proses drafting akta pendirian perusahaan hingga pembacaan akta pendirian perusahaan oleh Notaris mitra Corpora. 

Kenali perbedaan antara PT dan CV 🔎

PT dibentuk berdasarkan perjanjian dan melakukan kegiatan usahanya menggunakan modal dasar yang semuanya terbagi dalam saham. Hal ini berbeda dengan CV yang terbentuk dari satu orang atau lebih dengan cara meminjamkan uang.

Perbedaan Bentuk

Perseroan terbatas atau PT merupakan badan usaha berbentuk badan hukum yang statusnya diatur oleh UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. 

Sementara itu, perseroan komanditer atau CV bukanlah usaha yang berbadan hukum lantaran tidak ada regulasi yang mengaturnya. 

PT dibentuk berdasarkan perjanjian dan melakukan kegiatan usahanya menggunakan modal dasar yang semuanya terbagi dalam saham. 

Perbedaan Modal

Perbedaan selanjutnya antara PT dan CV dapat dilihat dari modal perusahaan yang dikeluarkan. UU Nomor 40 Tahun 2007 menetapkan modal perusahaan untuk pendirian PT sebesar 50 juta Rupiah. 

Pendiri dan Status Kepemilikan

Untuk mendirikan PT maupun CV, dibutuhkan minimal dua orang yang masing-masing memiliki bagian saham. Hal yang membedakan di antara keduanya yaitu pendiri CV harus merupakan warga negara Indonesia, sementara pendiri PT salah satunya boleh merupakan warga negara asing. 

Perbedaan Pengurusan

Pengurusan PT dilakukan oleh direksi yang dipilih berdasarkan rapat umum pemegang saham. 

Para pemegang saham di PT tidak memiliki wewenang untuk mengelola dan mengurus PT kecuali ditunjuk sebagai anggota direksi. 

Sementara itu, pengurusan CV dibagi menjadi dua golongan sejak pertama kali didirikan, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif bertugas mengurus perusahaan, sedangkan sekutu pasif hanya bertindak sebagai penyetor modal.

Prosedur Pendaftaran

Perbedaan selanjutnya antara PT dan CV dapat dilihat dari prosedur pendaftarannya. Pendirian PT membutuhkan pengesahan dari Menkumham serta notaris yang akan mewakili permohonan kepada Menkumham. 

Kemudian, Menkumham akan mengeluarkan surat keputusan yang menyatakan bahwa PT dianggap sah. 

Berbeda dengan CV yang pendiriannya tidak membutuhkan pengesahan dari Menkumham dan cukup didaftarkan melalui Sistem Administrasi Badan Usaha di Kemenkumham. 

Selanjutnya, Menkumham akan menerbitkan sertifikat terdaftar yang menunjukkan bahwa CV tersebut sah. 

Nama Perusahaan

Nama perusahaan menjadi perbedaan selanjutnya antara PT dan CV. Setelah mendapatkan pengesahan dari Kemenkumham, pemilik usaha harus mencantumkan frasa perseroan terbatas atau PT dan harus menggunakan nama perusahaan yang belum pernah dipakai oleh perusahaan lainnya. 

Sementara pada CV, tidak ada aturan khusus terkait nama perusahaan. Oleh sebab itu, tidak heran jika kerap dijumpai badan usaha CV dengan nama yang sama.

Tujuan dan kegiatan usaha

Perbedaan terakhir yang perlu diketahui antara PT dan CV ada pada tujuan dan kegiatan usaha yang dilakukan. 

Badan usaha berbentuk PT memiliki tujuan yang lebih fleksibel pada bidang atau kegiatan usaha yang dijalankan. 

Sementara itu, CV memiliki keterbatasan dalam menjalankan kegiatan usaha hanya pada bidang tertentu, meliputi perdagangan, pembangunan, perindustrian, perbengkelan, pertanian, percetakan, dan jasa.

Beberapa klien yang telah mempercayakan pendampingan legal dan bisnisnya kepada Corpora.

3 Tahapan Mudah Mendirikan Perusahaan di Corpora.

Tahap Konsultasi

Mulai konsultasi untuk menemukan layanan Pendirian Perusahaan yang paling sesuai bagi kebutuhan bisnis Anda.

Tahap Pengumpulan Data

Team Corpora akan melakukan permintaan data untuk keperluan Pendirian Perusahaan Anda.

Tahap Penjadwalan

Jadwalkan waktu Pendirian Perusahaan Anda bersama Notaris mitra Corpora.

PENDIRIAN CV

Pilih Opsi Paket (Paket Reguler atau Paket PKP & E-Katalog) :

CV STANDAR

Rp.3.500.000
Rp. 2.500.000
  • Akta Pendirian Notaris
  • SK Kemenkumham
  • NPWP dan SKT Pajak
  • Akun OSS RBA
  • NIB + Lampiran
  • SPPL (Pernyataan Mandiri)
  • Tata Ruang (Pernyataan Mandiri)
  • (Bonus) Gratis Ongkir Pengiriman Berkas
  • Logo Perusahaan
  • Stempel Perusahaan
  • Company Profile (.com)*
  • Pembukaan Rekening Badan*
  • (Bonus) 1x Konsultasi Digital Marketing
  • (Bonus) Aplikasi Keuangan Perusahaan
  • (Bonus) Email Perusahaan ([email protected])

CV LENGKAP

Rp.6.100.000
Rp. 4.600.000
  • Akta Pendirian Notaris
  • SK Kemenkumham
  • NPWP dan SKT Pajak
  • Akun OSS RBA
  • NIB + Lampiran
  • SPPL (Pernyataan Mandiri)
  • Tata Ruang (Pernyataan Mandiri)
  • (Bonus) Gratis Ongkir Pengiriman Berkas
  • Logo Perusahaan
  • Stempel Perusahaan
  • Company Profile (.com)*
  • Pembukaan Rekening Badan*
  • (Bonus) 1x Konsultasi Digital Marketing
  • (Bonus) Aplikasi Keuangan Perusahaan
  • (Bonus) Email Perusahaan ([email protected])

CV LENGKAP + PKP

Rp.8.700.000
Rp. 6.500.000
  • Akta Pendirian Notaris
  • SK Kemenkumham
  • NPWP dan SKT Pajak
  • Akun OSS RBA
  • NIB + Lampiran
  • Pendaftaran Pengusaha Kena Pajak (PKP)
  • Pendaftaran E-Katalog (LPSE)
  • SPPL (Pernyataan Mandiri)
  • Tata Ruang (Pernyataan Mandiri)
  • (Bonus) Gratis Ongkir Pengiriman Berkas
  • Logo Perusahaan
  • Stempel Perusahaan
  • Company Profile (.com)*
  • Pembukaan Rekening Badan*
  • (Bonus) 1x Konsultasi Digital Marketing
  • (Bonus) Aplikasi Keuangan Perusahaan
  • (Bonus) Email Perusahaan ([email protected])

CV LENGKAP PKP & E-KATALOG

Rp.9.900.000
Rp. 7.500.000
  • Akta Pendirian Notaris
  • SK Kemenkumham
  • NPWP dan SKT Pajak
  • Akun OSS RBA
  • NIB + Lampiran
  • Pendaftaran Pengusaha Kena Pajak (PKP)
  • Pendaftaran E-Katalog (LPSE)
  • SPPL (Pernyataan Mandiri)
  • Tata Ruang (Pernyataan Mandiri)
  • (Bonus) Gratis Ongkir Pengiriman Berkas
  • Logo Perusahaan
  • Stempel Perusahaan
  • Company Profile (.com)*
  • Pembukaan Rekening Badan*
  • (Bonus) 1x Konsultasi Digital Marketing
  • (Bonus) Aplikasi Keuangan Perusahaan
  • (Bonus) Email Perusahaan ([email protected])

PENDIRIAN PT

Pilih Opsi Paket (Paket Reguler atau Paket PKP & E-Katalog) :

PT STANDAR

Rp.6.500.000
Rp. 4.500.000
  • Akta Pendirian Notaris
  • SK Kemenkumham
  • NPWP dan SKT Pajak
  • Akun OSS RBA
  • NIB + Lampiran
  • SPPL (Pernyataan Mandiri)
  • Tata Ruang (Pernyataan Mandiri)
  • (Bonus) Gratis Ongkir Pengiriman Berkas
  • Logo Perusahaan
  • Stempel Perusahaan
  • Company Profile (.com)*
  • Pembukaan Rekening Badan*
  • (Bonus) 1x Konsultasi Digital Marketing
  • (Bonus) Aplikasi Keuangan Perusahaan
  • (Bonus) Email Perusahaan ([email protected])

PT LENGKAP

Rp.8.500.000
Rp. 6.500.000
  • Akta Pendirian Notaris
  • SK Kemenkumham
  • NPWP dan SKT Pajak
  • Akun OSS RBA
  • NIB + Lampiran
  • SPPL (Pernyataan Mandiri)
  • Tata Ruang (Pernyataan Mandiri)
  • (Bonus) Gratis Ongkir Pengiriman Berkas
  • Logo Perusahaan
  • Stempel Perusahaan
  • Company Profile (.com)*
  • Pembukaan Rekening Badan*
  • (Bonus) 1x Konsultasi Digital Marketing
  • (Bonus) Aplikasi Keuangan Perusahaan
  • (Bonus) Email Perusahaan ([email protected])

PT LENGKAP + PKP

Rp.9.900.000
Rp. 7.500.000
  • Akta Pendirian Notaris
  • SK Kemenkumham
  • NPWP dan SKT Pajak
  • Akun OSS RBA
  • NIB + Lampiran
  • Pendaftaran Pengusaha Kena Pajak (PKP)
  • Pendaftaran E-Katalog (LPSE)
  • SPPL (Pernyataan Mandiri)
  • Tata Ruang (Pernyataan Mandiri)
  • (Bonus) Gratis Ongkir Pengiriman Berkas
  • Logo Perusahaan
  • Stempel Perusahaan
  • Company Profile (.com)*
  • Pembukaan Rekening Badan*
  • (Bonus) 1x Konsultasi Digital Marketing
  • (Bonus) Aplikasi Keuangan Perusahaan
  • (Bonus) Email Perusahaan ([email protected])

PT LENGKAP PKP & E-KATALOG

Rp.11.200.000
Rp. 8.500.000
  • Akta Pendirian Notaris
  • SK Kemenkumham
  • NPWP dan SKT Pajak
  • Akun OSS RBA
  • NIB + Lampiran
  • Pendaftaran Pengusaha Kena Pajak (PKP)
  • Pendaftaran E-Katalog (LPSE)
  • SPPL (Pernyataan Mandiri)
  • Tata Ruang (Pernyataan Mandiri)
  • (Bonus) Gratis Ongkir Pengiriman Berkas
  • Logo Perusahaan
  • Stempel Perusahaan
  • Company Profile (.com)*
  • Pembukaan Rekening Badan*
  • (Bonus) 1x Konsultasi Digital Marketing
  • (Bonus) Aplikasi Keuangan Perusahaan
  • (Bonus) Email Perusahaan ([email protected])

Cashflow Forecast Model

Set your own preferences

Pellentesque lectus cum neque cursus sapien massa laoreet varius. Ultricies faucibus donec tellus cras ornare. Aliquam mattis neque sed sit arcu egestas.

Google Ulasan Corpora

Ulasan dan Testimoni dari klien Corpora yang bersumber dari Platform Google Business.

google
suhendar cucu
24 Mei 2024

Alhamdulillah...bisa ketemu dengan Pak Fahri sehingga urusan perizinan dan pelaporan lancar jaya. Orang nya memang kompeten, very super baik, dan pastinya honornya bersahabat serta bisa digoyang 😁. Sukses terus Pak 💪

google

Sangat rekomend sekali

google
ahmad fauzi
30 Mei 2024

Selalu memberikan Kepuasan dlm setiap Pelayanan, terimakasih pak Fahri and Crew 🙏

google

Kami sangat terbantu dengan jasa Ruang Izin. Semoga semakin berkembang dan sukses ya

google
Novan Saputra
30 Mei 2024

Pelayanan nya cepat dan sangat memuaskan, sangat profesional

google

Sangat membantu, sabar & Solutif

google
Wulan Pramanik
28 Mei 2024

Kami sebagai perusahaan baru sangat dibantu untuk legalitas perusahaan dan pelaporan pajak oleh team yang sangat helpfull dan komunikatif. Semoga pelayanannya yang baik ini dapat dipertahankan.

google

Pelayanan Jasa Pengurusan Legalitas, administrasi dan pendaftaran PKP, E-SKA, INSW, OSS, PPK untuk Pengurusan Perseroan PT. Mega Commodity Global.- Pelayanan : Profesional, Helpfull, & Solusif - Pengerjaan : Termasuk cepat dan selalu update confirmasi - Integritas pelayanan : Jujur Amanah terpercaya dan confidential - Koneksi Legal & Goverment : Super Good.Opini : All legal solution, serba bisa untuk masalah legalitas perusahaan. Recommended 👍🏻

google
Linda Pratiwi
24 Mei 2024

FAST response dan responsible

google
Luvi Rahmanti
24 Mei 2024

Ruang izin sangat membantu dalam pendirian dan perijinan PT. Memberikan saran yg tepat, pelayanan yg sopan dan cepat. Konsultan perijinan yg oke dan bisa melayani kepentingan di berbagai kota. Terima kasih ruang izin..

google
deni sihabudin
28 Mei 2024

Pelayanan cepat, terimakasih Corpora X Ruang Izin sudah bantu Yuu Aqiqah

google

Alhamdulillah terimakasih Ruang Izin pelayanannya sangat baik, tentunya handal & profesional

google
Utsmani Aqiqah
28 Mei 2024

Sangat membantu dalam pendaftaran Merk👍🏻 prosesnya cepat, tepat dan dapat di percaya. Barokalloh 😇

google
Tony S
31 Mei 2024

Sangat propesional dan membantu.

google
Lambert Sahat
25 Mei 2024

Pelayanan cepat sesuai dengan yang di jadwalkan. Semoga makin sukses.

google
Ehnik Averia
14 September 2021

Mantaps

google
Titin Patimah
28 Mei 2024

Masya Allah, Terima kasih banyak pak Fahrizan dan tim sudah membantu proses pendirian PT dan legalitas halal di tempat kami.. Rekomended banget buat para pengusaha yang ingin mengurus legalitas..

google
Abu Azalia
28 Mei 2024

Alhamdulillah Saya ucapkan terimakasig banyak untuk Corpora, pelayanan yang fast respon dan nyaman untuk berkonsultasi, dan supportnya sangat memudahkan kami dalam mengurus keadministrasian dan fasilitas perusahaan kami

google
rizky gumay
28 Mei 2024

Sangat terbantu melalui pak Fahri dalam hal pengurusan OSS dan responnya pun cepat & baik

google
Indri Puspita
24 Mei 2024

Alhamdulillah haturnuhun pak Fahri dan tim, kami sangat dibantu dg maksimal hingga tuntas semua urusannya, juga selalu sigap dan cepat dalam menghadapi tantangan. Semoga segalanya menjadi amal jariyah. Berkah dan sukses selalu corpora 🙏😊

google

Mantap sekali 👍👍

google
T Leo
24 Mei 2024

memuaskan dan ramah sekali pelayanannya puas banget Pak terimakasih banyak sukses selalu aamiin 🙏🏻🙏🏻

google
Yoga Permana
24 Mei 2024

Pelayanan prima dan solutif, udh bikin 5 CV proses nya cepet

google

Cepat , Legal, harga kompetitif .. rekomemded

google

memudahkan urus pengajuan label haki

google
rina ernia
1 Juni 2024

Masyaallah,, Alhamdulillah pa fahrizan dengan kehadiran corpora kebutuhan untuk legalitasnya perusahaan sangat terbantu,, profesional, cepat dan update konfirmasi. Terimakasih banyak

Mulai Konsultasi Gratis

Mulai konsultasi bersama konsultan kami untuk mendapatkan arahan dan gambaran terkait dengan kebutuhan legal Anda. dari mulai persiapan pendirian perusahaan hingga konsultasi gratis terkait dengan izin usaha dan kebutuhan bisnis Anda.

Ada Pertanyaan?

Yuk, Mulai konsultasi bersama Corpora expert. 🚀